Pages

Senin, 08 Desember 2014

Pengantar Komputer & TI: E-Commerce

PENGANTAR KOMPUTER & TI
E-COMMERCE







DISUSUN OLEH:

LANCERA SUSENO PUTERI



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
KARAWACI
2014











BAB II
PEMBAHASAN


  1. PENGERTIAN E-COMMERCE

  2.    Perdagangan elektronik (electronic commerce) atau yang sering disebut E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
       Industri teknologi informasi melihat kegiatan E-Commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari E-Bisnis (E-Business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti transfer dana secara elektronik, pemasaran elektronik (E-Marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange), dan lain sebagainya.
       E-Commerce merupakan bagian dari E-Business, di mana cakupan E-Business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain sebagainya. Selain teknologi jaringan www, E-Commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), surat elektronik (E-Mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk elektronik dagang ini.

  3. KLASIFIKASI E-COMMERCE

    1. Business to Business (B2B)

    2.    E-Commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di electronic market. Bisnis ke bisnis E-Commerce ada di pemasaran dari awal. Ini adalah perdagangan yang terjadi antar perusahaan. Istilah seperti offshoring dan outsourcing umumnya terkait dengan E-Commerce B2B. Sebagai contoh jika saya memberikan gaji perusahaan saya bekerja untuk perusahaan lain akuntansi, itu akan dianggap sebagai outsourcing. Para offshoring istilah outsourcing memutuskan lebih lanjut. Jika pekerjaan outsourcing ke perusahaan, yang berada di luar batas geografis negara di mana perusahaan outsourcing berada, itu disebut sebagai offshoring.

    3. Business to Costumer (B2C)

    4.    Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan. Ini adalah perdagangan langsung antara perusahaan dan konsumen akhir melalui Internet. Sebagai contoh menjual barang langsung kepada pelanggan dan siapa saja bisa membeli produk dari situs web pemasok. Dalam model ini dimaksudkan untuk menguntungkan konsumen dan dapat mengatakan bisnis ke konsumen (B2C) E-Commerce bekerja sebagai toko ritel melalui internet.

    5. Consumer to Consumer (C2C)

    6.    Konsumen menjual secara langsung ke konsumen lain. Atau mengiklankan jasa pribadi di Internet. Biasanya, jenis ini bekerja sebagai E-Commerce konsumen untuk bisnis ke konsumen (C2B2C). Ini pada dasarnya berarti bahwa konsumen akan kontak bisnis dalam mencari pelanggan yang cocok. Sebagian besar situs lelang (seperti eBay) dan situs perjodohan bekerja pada metodologi ini.

    7. Consumer to Business (C2B)

    8.    Perseorangan yang menjual produk atau layanan ke organisasi, perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi. Dalam arena E-Commerce hari ini, tumbuh tren konsumen dimana permintaan produk tertentu atau jasa dari bisnis masing-masing. Sebagai contoh saya kontak operator tur perjalanan melalui situs web mereka untuk membeli paket liburan. Konsumen untuk bisnis E-commerce berkembang dengan pesat dan tren ini akan berlanjut di masa depan.

  4. COTOH E-COMMERCE: COSTUMER TO BUSINESS

  5. Elance (www.elance.com)
       Secara sederhana Elance adalah sebuah situs yang mempertemukan antara orang yang menjual atau menyediakan jasanya (provider) dengan perusahaan atau organisasi yang membutuhkan jasa (client).

    1. Sejarah Elance

    2.    Elance pertama kali diluncurkan pada tahun 1999, namanya terinspirasi oleh 1998 Harvard Business Review artikel berjudul "The Dawn of the Economy E-Lance". Pada awalnya dikembangkan sebagai teknologi untuk mendukung kerja virtual. Dua tahun kemudian Elance memperkenalkan sistem manajemen vendor (VMS) untuk kontraktor dan layanan pihak ketiga yang digunakan oleh perusahaan besar.    Pada Februari 2013, Elance digunakan oleh sekitar 500.000 bisnis dan 2 juta profesional freelance terdaftar, yang secara kolektif memperoleh hampir 850.000.000 US Dollar sampai saat ini.
        Pada Desember 2013 Elance mengkonfirmasikan sebuah penggabungan dengan oDesk (www.oDesk.com), sebuah website freelancer yang lain. Kesepakatan itu ditargetkan akan selesai pada bulan April 2014 dan akan menciptakan sumber daya yang terdiri dari 8 juta freelancer dan 2 juta bisnis.

    3. Pelayanan Elance

    4.    Elance memberikan pelayanan lebih dari sekedar “mempertemukan,”tetapi Elance juga memberikan jaminan serta layanan profesional seakan-akan tidak ada batasan antara project online maupun project offline, bahkan beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan Elance dalam mencari penyedia jasa (provider) untuk menyelesaikan beberapa pekerjaannya.

    5. Keunggulan Elance

      1. Membayar dengan baik. Rata-rata freelancer di Elance mendapatkan antara 5 sampai 10 US Dollar per artikel.
      2. Jarang ada penipuan.
      3. Client relatif wajar dan sopan, tidak seperti beberapa client yang ada di situs lain seperti Freelancer, oDesk dan Guru.
      4. Ujian Elance gratis. Tidak seperti ujian yang sama di Freelancer, anda akan dikenakan biaya 5 US Dollar untuk setiap ujian.
      5. Anda dijamin dibayar. Selama anda bekerja dengan baik per jamnya atau sebagainya.
      6. The Elance University menunjukkan dengan tepat apa yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan penghasilan anda.

    6. Kelemahan Elance

      1. Sulit mendapatkan pekerjaan karena bersaing dengan banyaknya freelancer lainnya. Beberapa orang perlu menunggu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah mengirim proposalnya sebelum mendapatkan pekerjaan pertama mereka.
      2. Sulit melengkapi profil anda. Kesulitan ini relatif, beberpa orang merasa sulit, beberapa tidak. Ada banyak yang harus dilakukan untuk melengkapi profil seperti verifikasi telepon, verifikasi identitas yang akan melibatkan video chat Skype, mengambil ujian, menambahkan portofolio dan CV.
      3. Di Elance anda tidak bisa menawar tetapi mengirim proposal. Hal ini biasanya disegel karena freelancer lain belum tentu dapat melihat apa yang anda tulis atau berapa banyak anda menawar.

  6. KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN E-COMMERCE

    1. Keunggulan E-Commerce

      1. Jangkauan luas.
      2. Mudah mendapatkan pelanggan.
      3. Biaya lebih rendah.
      4. Mencari produk lebih cepat.
      5. Hemat waktu dan biaya perjalanan.
      6. Memudahkan komunikasi bisnis.
      7. Jam buka lebih panjang.

    2. Kelemahan E-Commerce

      1. Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan.
      2. Penjelasan produk kurang detail.
      3. Harga terkadang tidak sesuai.
      4. Produk kurang dikenal oleh masyarakat.
      5. Ketidaktepatan waktu pengiriman barang.
      6. Kurang aman dalam melakukan transaksi.
      7. Tampilan produk kurang jelas atau berbeda dengan aslinya.
      8. Sering terjadi tindak kejahatan, khususnya penipuan.







BAB III
PENUTUP


  1. KESIMPULAN

  2.    E-Commerce sebagai sarana bisnis di era teknologi ini memang sangat membantu para pengusaha dalam menjalankan usaha online. Mereka dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan memiliki toko fisik. Begitu juga dengan para konsumen, kini mereka tetap bisa melakukan kegiatan belanja di rumah sekalipun. E-Commerce seperti perdagangan lainnya memiliki beberapa kelemahan. Hal ini tergantung dari penggunanya untuk bisa memaksimalkan fasilitas E-Commerce tersebut dan meminimalisasi hal-hal negatif yang dapat terjadi dalam proses transaksi E-Commerce ini.







DAFTAR PUSTAKA


https://www.elance.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Elance
http://johanifauzi.info/makalah-e-commerce/
http://yuhartadi.blogspot.com/2013/11/makalah-e-commerce.html







Tidak ada komentar:

Posting Komentar